dpmd.sulbar_Mamuju- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar sosialisasi Peningkatan Kapasitas Pengelola Posyantek tahun 2024 di Hotel Lilianto Polewali Mandar, Senin, 29 April hingga 1 Mei 2024.

Kepala Dinas PMD Sulbar, Yakub F Solon mengatakan bahwa maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengaktifkan dan menggiatkan kembali Posyantek yang pernah dibentuk

“Untuk mewujudkan pengelolaan posyantek yang mandiri, professional, dan berkelanjutan, pemerintah sebagai pembina posyantek perlu melakukan langkah-langkah konkrit dalam rangka pengembangan kapasitas pengurus dan tenaga fungsional melalui binmbingan teknis dan pendampingan, di samping melalui upaya revitalisasi sistem manajemen Posyantek,” Tambah Yakub F Solon.

Dokumentasi Kegiatan sosialisasi Peningkatan Kapasitas Pengelola Posyantek tahun 2024

Penerapan Teknologi yang tepat dan berdaya guna dalam rangka mengelola potensi Sumber Daya Alam yang ada di Desa harus / wajib hukumnya didukung oleh sebuah kelembagaan masyarakat  desa sehingga apa yang diharapkan bisa diwujudkan bersama dalam kelembagaan tersebut. Salah satu lembaga yang menaunginya adalah Kelembagaan Posyantek yang berkedudukan di Kecamatan.

Dalam Rangka Mendorong Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Perlu Memfasilitasi Masyarakat Untuk Memperoleh Empat Akses Minimal, Yaitu : Pertama, Akses Terhadap Sumber Daya Alam Maupun Sumber Daya Buatan. Kedua, Akses Terhadap Sumber-Sumber Pembiayaan Melalui Penyediaan Bantuan Dan/Atau Dana Kredit Modal Usaha. Ketiga, Akses Terhadap Pengembangan Kemampuan Berusaha, Termasuk Kamampuan Dan Pendayagunaan Teknologi Tepat Guna (Ttg). Keempat, Akses Terhadap Informasi Pasar Dan Peluang Pemasaran Hasil Usaha Dengan Tingkat Karya Untuk Menguntungkan.

Dalam rangka percepatan alih teknologi kepada masyarakat, maka Sangat Diperlukan Untuk Menumbuhkembangkan Maupun Melakukan Upaya Penguatan Kelembagaan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Di Kecamatan Sebagai Wadah Komunikasi Ttg Sehingga Dapat Menjembatani Antara Penemu Teknologi Dan Pengguna Teknologi.

Sementara itu diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini Peserta memperoleh masukan dari Narasumber tentang pengelolaan dan bagaimana posyantek yang ada dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, serta nantinya mengatahui tentang langkah2 yang diambil oleh Pemerintah, baik Provinsi dan Kabupaten dalam menunjang kegiatan Posyantek.

 

Penulis     : Muh.Ma’sum Iswar

Leave A Comment