dpmd.sulbar_Mamuju _Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Program dan Kegiatan bertempat di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (06/03/2024).

Kepala Dinas PMD Sulbar Dr. Yakub F. Solon  membuka secara langsung Rakernis yang dihadiri oleh sekretaris PMD, Para kepala Bidang, Kasubag umum dan Kepegawaian , Perencana, dan Para Pejabat  Fungsional.


Kepala Dinas PMD Yakub F. Solon mengatakan bahwa rapat kerja teknis ini merupakan upaya untuk  bersinergi serta memperkuat komitmen dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan desa serta sekaligus  penyempurnaan program,kegiatan,lokasi dan anggaran dalam mendukung  prioritas nasional pada RKP dan renja perangakat daerah.  Momentum ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk bersinergi dan berdiskusi terkait berbagai program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa maupun dalam segi perencanaan, pelaksanaan program dan kegiatan serta penetapan langkah-langkah strategis  kerja sama antatar provinsi dan kabupaten dalam pembangunan desa khususnya program kerja gubernur sehingga dapat terlaksana dengan baik, efektif dan efisien” ungkap Dr. Yakub F. Solon.

Lebih lanjut,  Dr. Yakub F. Solon menjelaskan beberapa poin penting dalam pembahasan rapat Internal tersebut yaitu terkait Indikator pelayanan pemerintah desa berbasis digital, pengembangan kerjasama desa, pelatihan manajemen  pemerintahn desa, pemanfaatan data Regsosek dalam pembangunan desa, implementasi  musuwarah desan dan perencanaan pembangunan secara partisipatif, Sistem Informasi Pemerintahan Daerah/Desa (SIPD), desa mandiri, kemiskinan di perdesaan, pengembangan Bumdes , kegiatan kelembagaan Posyandu, dan peningkatan SDM di desa.

Pada kesempatan yang sama, kepala Dinas PMD Prov. Sulbar yang juga mantan PJ.Bupati Mamasa menegaskan kembali bahwa peningkatan kapasitas bagi para pegawai DPMD yang terutama sebelum meningkatkan kapasitas masyarakat desa/Lembaga lain agar supaya semua pegawai DPMD mampu menjadi narasumber/pelatih dalam pemberdayaan masyarakat di desa demi kemajuan desa. (Ed/dm)

Leave A Comment