dpmd.sulbar_Mamuju- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi pembinaan pengelola posyandu di seluruh wilayah provinsi sulbar. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan posyandu berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, serta untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Kamis, 02 s/d 04 Mei 2024

Kunjungan ini juga bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi program-program yang telah dijalankan serta memberikan arahan untuk langkah-langkah pencegahan dan penanganan stunting.

pada kunjungan kali ini, Kepala Bidang Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Dinas PMD Sulbar Nirwana, SKM di damping Kabid PMDD Kabupaten Pasangkayu Misda.W, SE beserta rombongan mengunjungi dua posyandu, yaitu Posyandu Sayang Balita di kelurahan Martajaya Kec.Pasangkayu dan Posyandu Berlian di desa karya bersama.

Kepala Bidang PSD Dinas PMD Sulbar, Ibu Nirwana, SKM, dalam kunjungannya menyatakan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk memastikan bahwa posyandu berfungsi dengan optimal sesuai arahan Pj.Gubernus Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Posyandu adalah ujung tombak pelayanan kesehatan di tingkat desa. Oleh karena itu, kami ingin memastikan bahwa para pengelola posyandu memiliki kapasitas dan kemampuan yang memadai untuk memberikan layanan yang berkualitas,” ujar beliau.

kunjungan ini bukan hanya untuk melihat sejauh mana program-program pencegahan stunting berjalan, tetapi juga untuk memastikan bahwa para orang tua memahami pentingnya pemberian gizi yang baik dan memantau perkembangan anak secara berkala. “Kami ingin memastikan bahwa masyarakat memiliki akses informasi yang tepat dan dukungan yang diperlukan untuk mencegah stunting,” tambahnya.

Para pengelola posyandu dan aparat desa yang hadir menyambut baik kunjungan ini dan berharapa kedepannya pemerintah provinsi dan kabupaten dapat memberikan perhatian lebih.Kaur Pemerintah Desa Karya Bersama Bapak Muh.Bustan, mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan menyampaikan aspirasi kader.  “Kami senang dengan adanya kunjungan ini. Kami berharap kedepannya pemerintah provinsi dan kabupaten dapat membantu fasilitas yang lebih memadai, mengingat masih banyaknya posyandu yang kekurangan alat hingga tempat yang kurang memadai, ” ungkapnya.

“meskipun Insentif yang diberikan tergolong kecil yang hanya 100 ribu perbulan, dan dibayarkan enam bulan sekali, namun itu tidak mematahkan semangat teman-teman kader posyandu untuk bekerja”, sambungnya.

Dinas PMD berharap bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan. Hal ini agar kualitas pelayanan posyandu terus meningkat, dan pada akhirnya, berdampak positif pada kesehatan masyarakat di Kabupaten Pasangkayu.

Dalam kesempatan ini, Dinas PMD Sulbar juga mengajak masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan posyandu. “Keberhasilan posyandu juga bergantung pada partisipasi masyarakat. Kami mengajak semua pihak untuk mendukung upaya ini demi kesehatan bersama,” kata Ibu Nirwana, SKM mengakhiri kunjungannya.

 

Penulis        : Muh.Ma’sum Iswar AR, S.Ip

Leave A Comment